Raffi Ahmad Dilantik Jadi Utusan Khusus Presiden, Apa Bedanya dengan Staf Khusus Presiden?

Raffi Ahmad Dilantik Jadi Utusan Khusus Presiden, Apa Bedanya dengan Staf Khusus Presiden? - Kael Leather Goods

Presiden Prabowo Subianto, melantik tujuh nama menjadi Utusan Khusus Presiden pada Selasa, 22 Oktober 2024. Sahabat Kael Leather Goods Satu dari ketujuh nama yaitu Raffi Ahmad.

Raffi dilantik sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni. Selain Raffi Ahmad, enam orang yang juga dilantik sebagai Utusan Khusus Presiden yaitu;

1.⁠ ⁠Muhamad Mardiono, sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Ketahanan Pangan;

2.⁠ ⁠Setiawan Ichlas, sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Perbankan;

3.⁠ ⁠Miftah Maulana Habiburrahman, sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Kerukunan Beragama dan Pembinaan Sarana Keagamaan;

4.⁠ ⁠Ahmad Ridha Sabana, sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Ekonomi Kreatif dan Digital;

5.⁠ ⁠Mari Elka Pangestu, sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Perdagangan Internasional dan Kerja Sama Multilateral; dan

6.⁠ ⁠Zita Anjani, Utusan Khusus Presiden Bidang Pariwisata.

Utusan Khusus Presiden, berbeda dengan Staf Khusus Presiden. Perbedaannya ada pada nilai gaji, berikut ulasannya;

Perbedaan Utusan Khusus Presiden dengan Staf Khusus Presiden

Pada 18 Desember 2015, Joko Widodo yang saat itu menjabat sebagai presiden mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 144 Tahun 2015 tentang Besaran Hak Keuangan Bagi Staf Khusus Presiden, Staf Khusus Wakil Presiden, Wakil Sekretaris Pribadi Presiden, Asisten, dan Pembantu Asisten.

Dalam lampiran Perpres tersebut, Staf Khusus Presiden memiliki gaji sebesar Rp51 juta per bulan. Nilai tersebut sudah termasuk gaji dasar, tunjangan kinerja, dan pajak penghasilan.

Sementara hak keuangan bagi Utusan Khusus Presiden berlandaskan pada Peraturan Presiden Nomor 137 Tahun 2024 tentang Penasihat Khusus Presiden, Utusan Khusus Presiden, Staf Khusus Presiden, dan Staf Khusus Wakil Presiden, tujuan dibentuknya Staf Khusus Presiden Sahabat Kael Leather Goods yaitu untuk memperlancar tugas Presiden.

Tugas Utusan Khusus Presiden tertuang dalam Pasal 18 yang berbunyi “Utusan Khusus Presiden adalah melaksanakan tugas tertentu yang diberikan oleh Presiden di luar tugas-tugas yang sudah dicakup dalam susunan organisasi kementerian dan instansi pemerintah lainnya”.

Selama bertugas, Utusan Khusus Presiden memiliki tanggung jawab melapor kepada Presiden yang dikoordinasikan oleh Sekretariat Kabinet.

Sebagai Utusan Khusus Presiden, Raffi Ahmad juga mendapatkan hak keuangan hingga fasilitas setara menteri.

Hak keuangan menteri sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2000 tentang Gaji Pokok Pimpinan Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara dan Anggota Lembaga Tinggi Negara Serta Uang Kehormatan Anggota Lembaga Tertinggi Negara. Angkanya dimulai dari Rp4.200.000 hingga Rp5.040.000. Uang ini belum mencakup tunjangan sekitar 85 persen dari tunjangan jabatan, 135 persen tunjangan kinerja pejabat struktural.

Sahabat Kael Leather Goods apabila kementerian belum dapat menyediakan rumah jabatan bagi Wakil Menteri, kepada Wakil Menteri dapat diberikan kompensasi berupa tunjangan perumahan sebesar Rp35.000.000 per bulan.

Baca Juga : 10 Tradisi Unik di Indonesia yang Sarat Makna