17 Keunggulan Tas dari Kulit Sapi

Kael Leather Goods

Banyak orang yang memilih untuk menggunakan tas kulit, mengingat pilihan tas yang satu ini mampu memberikan kepuasan tersendiri. Apabila Sahabat Kael Leather Goods ingin memilih tas yang berkualitas, maka tas kulit menjadi sebuah pilihan yang terbaik dan tidak membosankan.

Material kulit sudah dipakai sejak zaman prasejarah. Hingga di era modern ini tas menjadi salah satu produk yang paling banyak menggunakan material ini, yang kemudian diikuti dengan sepatu dan jaket. Kira-kira kenapa, ya, tas kulit begitu tinggi peminat? Daripada kita hanya menerka, simak yuk beberapa kelebihan dari tas kulit!

1.    Bersifat kuat dan tahan lama

Keunggulan bahan kulit sapi yang pertama yaitu kuat. Kekuatan dari bahan kulit sapi memang sudah teruji tahan lama. Hal ini karena kulit sapi memiliki lapisan pigmen kulit yang lebih tebal ketimbang kulim domba dan kambing. Disamping itu serat kulit sapi lebih dan berfungsi untuk mengikat beberapa lapisan kulit dengan kuat. 

Efeknya terdapat kekuatan yang menopang antara serat satu dengan yang lain. Saat sudah dijadikan sebagai poduk kerajinan kulit seperti souvenir, serat tersebut akan tetap kuat. Otomatis kualitas dan keawetannya tetap terjaga.

2.    Model kulit sapi asli tak lekang oleh waktu 

Model produk kerajinan kulit yang diambil dari kulit sapi tidak kalah menarik dengan kulit sintetis. Karena kulit sapi sendiri memiliki sentuhan model yang unik. Terlihat dari beberapa corak di permukaan kulit sapi yang artistik. 

Jika anda melihatnya dengan teliti, maka akan terbentuk guratan di permukaan kulit yang tidak beraturan. Nah disinlah tingkat model yang unik dan tidak bisa dibuat seperti halnya di bahan sintetis. Sehingga model bahan kulit sapi akan tetap cantik sampai waktu yang tak terbatas. 

Penting untuk anda mengerti tentang keunggulan bahan kulit sapi yang ke-dua ini. Karena akan menentukan pilihan yang berkualitas atau hanya terimingi dengan harga produk murah. 

3.    Memiliki kesan yang elegan & mewah

Sudah bukan barang rahasia lagi apabila bahan kulit sapi cenderung elegan dan mewah. Sama halnya dengan berbagai bahan kulit dari hewan lainnya. Kesan elegan sudah terbawa dari saat proses penyamakan. Karena terbawa dari sifat asli dari kulit tersebut. Kemudian juga tidak bisa diikuti pola yang dimiliki kulit sapi asli oleh bahan pabrikan. 

Dengan kualitas dan harga yang sebanding keunggulan bahan kulit sapi juga termasuk dari golongan barang mewah. Sebab tidak sembarang orang bisa membuatnya dengan rapih. Dalam artian hanya orang yang memiliki keterampilan dan pengalaman yang mumpuni. Harganya pun tidak bisa dibilang murah dan jauh jika dibandingkan denga harga bahan pabrikan. 

4.    Terbuat secara alamiah

Proses alam yang menjadikan bahan kulit sapi asli dianggap artistik. Saya kira memang sangat wajar. Karena prosesnya dalam pembentukan karakteristik kulit sapi memerlukan waktu yang tidak pendek.

Yaitu berskala pada rentan hidup si sapi tersebut. Kemudian juga dipengaruhi oleh sifat alamiah yang ada di lingkungan tempat tinggal. Itupun dilalui saat fase tertentu dalam kehidupan sapi. 

Setelahnya hanya dipengaruhi oleh proses penyamakan. Dalam proses penyamakan ini tidak bisa merubah atau membuat bentuk kulit seperti yang kita mau. Hanya saja di berikan pewarnaan dan penguatan terhadap bahan kulit agar mudah untuk dijadikan produk kerajinan kulit. 

Untuk sifat aslinya tidak akan bisa dihilangkan. Jika sudah hilang artinya bahan kulit sapi tersebut sudah tidak layak untuk dipakai sebagai produk kulit. 

Jadi keunggulan bahan kulit sapi juga termasuk dari proses alamiah pada kulit sapi hanya bisa terjadi sekali selama masa hidup hewan tersebut dan tidak bisa dibuat atau dirubah.

5.    Karakteristik kulit yang fleksibel

Satu hal karakteristik sifat yang tidak bisa dimiliki oleh bahan pabrikan adalah kelenturan atau fleksibel. Kulit sapi memiliki tingkat kelenturan yang baik. terlebih lapisan kulit tebal dari sapi bisa dibuat ukuran lapisan tersendiri. 

Contohnya dalam jenis kulit pull-up yang pada proses pembuatannya dilakukan penarikan untuk membuat penampang yang lentur. Tentu dibantu dengan beberapa oil dan wax agar tingkat kelenturannya lebih soft. 

Keunggulan bahan kulit sapi ini bisa dimanfaatkan untuk barang kerajinan kulit berukuran kecil. Sebut saja seperti souvenir pouch bag, clutch, dan sebagainya. 

Karena sifat kelenturan tadi mendukung untuk membuat lipatan kecil dan biasanya sering terjadi di produk yang berukuran kecil. Sampai di sini sudah mulai memahami karakteristik kulit sapi bukan. Yuk lanjut ke item selanjutnya.

6.    Lebih ramah lingkungan

Jika Sahabat Kael Leather Goods memilih bahan souvenir dari kulit sapi asli bagi kami itu adalah hal yang tepat. Karena anda telah membantu untuk menjaga lingkungan alam tetap sehat dari sampah plastik. Terbukti dari banyak penelitian bahwa penyumbang sampah terbanyak adalah jenis plastik. Salah satunya adalah bahan sintetis yang sebagian besar menggunakan plastik. 

Nah dengan anda menggunakan bahan kulit sapi asli berarti telah mengurangi penggunaan plastik. Kulit sapi merupakan bahan alami yang apabila ada bagian kulit tidak terpakai bisa dibuang atau dikubur. Sifat kulit asli tentu bisa terurai dengan baik. Disamping itu juga penggunaan kulit sapi asli untuk bahan souvenir sangat aman. 

Nah keunikan dari keunggulan bahan kulit sapi ini adalah tidak ada campuran bahan yang berbahaya. Karena memang terbuat secara alami. Bahkan kulit sapi bisa dikonsumsi untuk makanan dengan diproses terlebih dahulu. Jadi jika anda konsumen yang cerdas dan bijak, belanjalah sesuai kebutuhan dan memberikan manfaat kepada yang lain. 

7.    Keunggulan bahan kulit sapi memiliki aroma yang khas

Kulit asli dari hewan sapi memiliki wangi atau aroma yang khas. Jika anda mencium produk dari kulit sapi pasti akan tercium bau kulit asli. Biasanya akan meninggalkan bau seperti pada bau sapi. Akan tetapi jangan dikira baunya menyengat seperti sapi hidup. Hanya saja sedikit tercium bau sapi yang memang bawaan dari aslinya. 

Keunggulan bahan kulit sapi pada Aroma ini hanya bisa anda temukan pada kulit asli. Baik itu dari hewan sapi, kambing, domba dan semacamnya. Karena sifat kulit yang telah diproses atau disamak tidak akan pernah hilang keasliannya. Berbeda jika anda mencium bahan sintetis, tentu aromanya akan mirip dengan plastik atau bau mesin pabrik. 

8.    Stok kulit sapi tersedia & mudah didapatkan 

Ketersediaan untuk bahan kulit asli memang di sesuaikan pada kebutuhan pasar. Banyak bahan kulit asli yang digunakan dari berbagai hewan seperti, buaya, kuda, ikan pari, sapi, kambing dan domba. Dari berbagai jenis kulit hewan yang digunakan ada beberapa yang tidak banyak perihal stock. 

Sebut saja seperti ikan pari dan ular. Karena menyangkut pada kelangsungan hidup hewan langka tersebut. Apalagi sekarang Peraturan pemerintah sudah memerintahkan untuk tidak mengambil kulit dari beberapa hewan yang dilindungi. Hal ini untuk mencegah kepunahan hean yang dilindungi.

Solusinya adalah anda bisa menggunakan kulit sapi, kambing atau domba. Karena ketiga hewan tersebut memang diternakkan secara massal di seluruh dunia. Manusia memerlukan daging ketiga hewan tersebut hampir setiap hari. Sehingga banyak penyembelihan yang dilakukan setiap hari khususnya ketiga hewan itu. 

Tidak usah khawatir mengenai stok ketersediaannya. Karena seperti yang saya jelaskan diatas, keunggulan bahan kulit sapi sendiri memang dikembangbiakkan secara massal oleh peternak diseluruh dunia. Jadi akan sangat mudah untuk mendapatkannya di jual di pasar. 

Shopee 10.10 Brands Festival - Kael Leather Goods

9.    Daya tahan terhadap goresan lebih kuat

Selain awet dan tahan lama bahan kulit sapi juga tidak mudah tergores. Hal ini karena terdapat lapisan bening yang cukup kuat untuk melindungi bagian dalam kulit. Apabila terkena goresan tidak akan langsung melukai lapisan kulit dalam. 

Dalam proses penyamakan biasanya juga akan ditambahkan bahan kimia untuk menguatkan lapisan kulit. Ada juga yang tidak menggunakan penguatan tersebut, karena agar lebih jelas corak dari permukaan kulit asli.

Jadi kesannya lebih artistik dan bagus. Keunggulan bahan kulit sapi ini tentunya secara alamiah tidak bisa dibuat. Walaupun kuat terhadap goresan dalam penggunaan produk kulit sapi tentunya harus menjaga dan merawat dengan baik. 

Dibandingkan dengan bahan sintetis kulit sapi lebih baik untuk tahan dari goresan. Rekomendasi saya pilihlah pembuatan souvenir dari bahan kulit sapi asli. Karena bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama ketimbang bahan pabrikan. 

10.    Semakin lama warna kulit akan semakin cantik/matang

Keunggulan bahan kulit sapi lainnya adalah jika anda memiliki produk kulit asli dan sudah bertahun-tahun maka warnanya akan semakin matang. Matang dalam artian lebih cantik. Perubahan warna ini pasti akan terjadi pada semua produk berbahan kulit asli. Entah itu bahan kulit sapi kambing, domba, kuda ataupun lainnya. 

Proses ini disebut dengan patina. Jadi dia akan memyesuaikan pada perubahan cuaca dan cara penggunaan di keseharian. Jika lebih sering dibawa ke tempat yang lembab biasanya kulit akan memberikan warna lebih muda dari aslinya. Tapi jika lebih sering digunakan di tempat cauca yang kering akan lebih pekat dengan kombinasi memudar.

Jadi proses patina pada bahan kulit asli sangatlah wajar, dan justru warnanya akan lebih unik. 

11.    Tekstur kulit asli lebih unik 

Coba anda perhatikan dengan baik dan teliti di permukaan produk berbahan kulit sapi asli. Pasti akan terlihat seperti banyak goresan dan pola yang tidak beraturan bukan. Hal ini adalah guratan yang disebabkan dari pembetnukan secara alami di kulit sapi. Terkadang juga ada goresan terkena benda disekitar atau lainnya. 

Pola-pola ini jika kita analogikan mirip dengan susunan mozaik kaca yang pecah. Bentuknya tidak beraturan akan tetapi terkadang membentuk pola yang solid. Uniknya lagi setiap bahan kulit dari hewan yang berbeda pasti akan berbeda. 

Karena setiap kulit asli memiliki karakteristiknya tersendiri. Jika anda masih penasaran coba buktikan sendiri apakah benar hal ini termasuk pada keunggulan bahan kulit sapi. Silahkan buktikan sendiri tentang tekstur kulit sapi yang unik

12.    Tahan terhadap debu 

Bahan kulit sapi asli memiliki pori-pori yang cukup terbuka. Sama halnya dengan kulit manusia. Oleh karena itu diperlukan proses penyamakan yang memakan waktu panjang. Hal ini untuk memperkecil lubang pori tersebut agar tidak cepat menyerap air. 

Debu yang menempel pada barang berbahan kulit asli akan mudah sekali dibersihkan. Bisa dengan kain kering yang halus maupun ditambahkan ari hangat. Usapkan dengan perlahan maka debu akan menemel pada kain. Usahakan gunakan kain yang lembut dan mudah menyerap kotoran. 
Jadi walaupun keunggulan bahan kulit sapi tahan terhadap debu baiknya barang dari produk kulit juga harus diikuti perawatan yang teratur.

13.    Memiliki nilai lebih

Nilai lebih dari bahan kulit sapi asli ternyata bukan hanya omongan belaka. Akan tetapi sudah terbukti khususnya bagi anda pecinta produk/barng berbahan kulit asli. Nilai lebih yang terkandung pada produk berbahan kulit asli adalah bermutu tinggi. 

Anda yang menggunakan produk kulit asli pasti akan merasa bangga. Keunggulan bahan kulit sapi ini sudah tidak diragukan lagi. Karena membawa barang yang juga menurut orang lain berkualitas. Efeknya akan membuat anda lebih percaya diri saat bertemu dengan orang lain disebuah acara. 

Biasanya orang yang menyukai bahan kulit asli tergolong perfectionist dan memiliki selera fashion yang tinggi. 

14.    Barang dari bahan kulit asli nyaman digunakan

Jika anda pernah memegang tas atau dompet dari bahan kulit sapi asli pasti lembut bukan. Hal ini karena struktur kulit dan hasil dari penyamakan memainkan peran penting. Terlebih ada rasa seperti lekukan kecil hasil dari guratan tekstur kulit yang unik. Hal itu menambah kesan unik dan nyaman untuk dipegang. 

Berbeda dengan kulit sintetis yang cenderung halus karena terbuat dari plastik. Terkadang bisa lepas saat dipegang karena saking licinnya. Sehingga jatuh merosot saat digenggam. Contohnya seperti pouch yang dikategorikan sebagai handbag, membawanya dengan cara digenggam. 

Kenyamanan dari bahan kulit asli lebih mudah dirasaskan. Apalagi anda yang memang sangat suka mengoleksi produk bahak kulit, pasti sudah jatuh hati untuk tidak melirik produk berbahan selain kulit sapi asli. 

15.    Keunggulan bahan kulit sapi; tahan terhadap panas api

Bukan rahasia lagi jika bahan kulit sapi asli memang tahan terhadap panas. Hal ini juga bisa sebagai sebuah uji coba untuk membedakan mana kulit sintetis dan kulit asli. Karena sekarang ini banyak bahan kulit sintetis yang beredar. Secara sekilas wujud fisik dari kulit sintetis hampir sama dengan bahan kulit asli. 

Akan tetapi jika Sahabat Kael Leather Goods ingin langsung bisa membedakan mana kulit asli atau palsu, bisa dengan cara dibakar. Produk yang terbuat dari kulit asli jika dibakar atau dipanaskan oleh api tidak akan terbakar. Efeknya akan menimbulkan perubahan warna menjadi hitam atau agak gosong. Kemudian juga terdapat aroma kulit yang terbakar. 

Sedangkan jika itu adalah kulit sintetis, ketika dibakar maka akan meleleh. Hal ini karena bahan dasar kulit sintetis terbuat dari elemen plastik, dan tentu sifatnya akan mirip dengan plastik jika dipanaskan. Kemudian akan tercium bau lelehan plastik yang tentunya kita bisa membedakan mana bau kulit asli mana bau kulit sintetis/plastik. 

Jadi bisa dikatakan keunggulan bahan kulit sapi yang tahan dari panas ini tidak bisa dimiliki oleh bahan lain. Hal tersebut tentu menjadikan bahan kulit sapi semakin istimewa untuk digunakan sebagai produk kerajinan kulit. 

16.    Perawatan tas kulit yang mudah

Banyak yang beranggapan merawat tas kulit itu susah. Sebenarnya tidak sama sekali! Hal terpenting adalah perawatan teratur dan kamu bisa melakukannya sendiri. Cara merawat tas kulit adalah dengan mengelap permukaan tas dengan kain basah untuk membersihkan debu dan kotoran yang menumpuk. Setelah itu usapkan Leather Conditioner — sedikit saja. Karena layaknya kulit pada umumnya, tas kulit pun juga butuh diberikan kelembapan!

17.    Investasi yang bernilai tinggi

Terakhir,  tas kulit yang berkualitas tinggi bukan hanya merupakan barang fashion, tetapi juga investasi yang bernilai. 

Banyak tas kulit dari brand ternama yang mampu bertahan selama bertahan bertahun-tahun dan bahkan nilainya bisa meningkat seiring berjalannya waktu.

Tidak heran jika banyak yang menyimpan tas untuk brand-brand tertentu dalam waktu lama dan menjualnya kembali saat melambung tinggi. 

Baca Juga : 7 Tips Perawatan Tas Travel Bahan Kulit