7 Tips Memulai Investasi Saham Bagi Pemula

Tips bermain saham - Kael Leather Goods

Untuk mencapai finansial freedom, banyak hal yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah dengan berinvestasi. Namun, dalam istilah ekonomi selalu ada kalimat “high risk high return”, begitu juga pada investasi saham. Oleh karena itu, alangkah lebih baik sebelum memilih saham sebagai instrumen investasimu, cari tahu terlebih dahulu seluk beluknya. Berikut beberapa tips untuk Sahabat Kael Leather Goods pemula yang ingin berinvestasi di instrumen saham:

  1. Pelajari saham terlebih dahulu
    Jangan ragu untuk belajar. Pelajari terlebih dahulu jenis, risiko, dan return dari instrumen investasimu (saham) sebelum kamu melangkah lebih jauh lagi.
  2. Pilih perusahaan sekuritas
    Saat ini sudah banyak perusahaan sekuritas yang menjual jasanya untuk membantumu memulai kegiatan jual beli saham.
  3. Gunakan idle cash atau uang dingin
    Trading saham walaupun memiliki return yang tinggi tapi juga memiliki risiko yang tinggi pula. Salah satu prinsip money management adalah berinvestasi hanya dengan menggunakan uang dingin.
  4. Membuat perencanaan trading
    Perencanaan perdagangan saham sangat penting bagi para trader dalam melakukan jual beli saham di Bursa Efek.
  5. Investasikan dana pada perusahaan yang tepat
    Jangan malas untuk mencari informasi tentang saham yang akan kamu beli. Bagaimana kualitas sahamnya, track record perusahaan, laporan keuangannya, dan berbagai aspek lainnya.
  6. Pelajari analisis saham
    Semakin hari kamu akan semakin terbiasa dengan pergerakan nilai saham yang naik turun. Namun, trading saham bukan tentang intuisi belaka melainkan harus didasari oleh analisis yang mendalam.
  7. Realistis dan tidak emosi ketika berinvestasi
    Selalu realistis dalam melakukan investasi. Kita harus sadar jika tidak ada yang instan dalam sebuah proses. Butuh waktu dan usaha untuk bisa mencapai tujuan yang diidamkan.

Itulah beberapa tips berinvestasi saham bagi pemula. Jangan terburu-buru untuk mencapai sesuatu. Lakukan semua hal dengan  hati-hati dan penuh perhitungan agar hasil yang Sahabat Kael Leather Goods raih dapat maksimal.

Baca Juga : Brand Fashion Lokal yang Menggunakan Bahan Kulit, Ada Favoritmu?